AWAS, JEBAKAN MEDIA SOSIAL!

Fenomena media sosial memangg terkadang berhasil memisahkan dua dunia. Dan tidak jarang, bagi sebagian orang, media sosial terbukti sukses membentuk sekat-sekat antara kehidupan maya dan sebenarnya. Masalah pun muncul. Ada yg berteman dgn ribuan org di akunnya, bahkan sering bertegur sapa dgn org2 dr berbagai negara, namun dlm realitasnya ia gagap dlm kehidupan sosialnya, kesepian, dan tersisih di tepi kehidupan nyata.

Haruskah seperti itu? Rasanya tidak mesti begitu. Bukankah media sosial hanyalah sarana yg sepenuhnya bergantung pd si pengguna sarana? Hmm…

Sebagai sebuah alat atau sarana, media sosial itu bebas nilai awalnya. Tak perlu dibedakan dari sisi nyata/mayanya. Sebab, kalau kt menganggap dunia maya dan nyata itu berbeda, sikap dan cara pandang kt tentu akan terus membentuk perbedaan keduanya. Kita akan merasa asyik sendiri menatap layar2 teknologi namun tdk merasakan hangatnya dekapan persahabatan di dunia nyata. Begitulah jebakannya.

Walaupun demikian, kita tdk perlu khawatir berlebihan. Sikapi dgn bijak. Media sosial itu ada jg kok sisi positifnya. Paling tidak dpt mendekatkan yg jauh, mengakrabkan yg dekat dan menghangatkan yg akrab. Yg penting kita selalu ingat bahwa dunia maya dan nyata itu hakikatnya sama. Minimal sama2 bukan area yg bebas hukum dan pengawasan Allah Swt.

Jadi, selama kt terikat pd aturan Islam, memperhatikan tata pergaulan di dlm Islam, menjaga bahasa tulisan agr tak menorehkan bekas2 dosa, in shaa Allah jebakan media sosial itu tdk akan terjadi, bahkan istilah gagap sosial pun tampaknya tak perlu ada lg.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s