Ideologi Peradaban Dunia Berikutnya?

Sejak runtuhnya Uni Soviet, spektrum dominasi Amerika Serikat (AS) di berbagai negara semakin tak terbendung. Ada yang beranggapan bahwa keruntuhan Uni Soviet itu menandai berakhirnya perselisihan antara Marxisme dan Liberalisme. Pada akhirnya, demokrasi liberal Barat tampak seolah-olah telah menjadi ‘bentuk akhir dari rangkaian peradaban manusia’. Hal ini jualah yang menyebabkan mengapa banyak pengamat meyakini bahwa supremasi AS adalah sebuah peradaban yang tak tertandingi oleh kekuatan apa pun.

Akan tetapi, siapapun yang memiliki sedikit kesadaran geo-politik akan melihat betapa Amerika sekarang ini sangat khawatir pada kian meningkatnya kekuatan Cina dan India. Sebab, selain Rusia, Cina dan India adalah negara penantang baru yang tengah mengalami kebangkitan pada berbagai bidang, termasuk ekonomi dan militernya. Sehingga hal ini menjadi masalah serius bagi Amerika dalam mempertahankan dominasinya di dunia.

Di samping itu, Amerika pun menyadari bahwa tantangan terbesar lainnya justru datang dari umat Islam. Gema kebangkitan yang menyeru persatuan umat Islam sedunia (Daulah Khilafah) akhir-akhir ini semakin meningkat di seluruh dunia. Dalam pandangan Amerika, hal ini tidak boleh terjadi karena Amerika tahu betul bahwa kembalinya Khilafah akan menjadi awal dari akhir dominasinya terhadap dunia.

Pertanyaan kemudian adalah akankah gejala di atas semakin mempercepat hancurnya peradaban Kapitalisme yang diusung Amerika? Lantas ideologi pengganti seperti apa yang akan mendominasi peradaban dunia berikutnya?

Iklan

5 comments on “Ideologi Peradaban Dunia Berikutnya?

  1. Assalaamu’alaikum

    Hmm… berat juga penulisan hal-hal seperti ini untuk saya cuba berkongsi pendapat. Saya kurang mantap dalam memberi idea berhubung hal-hal seperti ini. Namun saya kagum dengan daya fikir akhi yang berusaha memberi peluang kepada pembaca berfikir tentang gelojak yang mulai mengoncang ketenangan dan keamanan dunia sejak dulu lagi.

    saya cuba untuk memberi respon kepada penulisan akhi. ia nampaknya menarik untuk dibincangkan walaupun mungkin tidak mencapai matlamat yang diharapkan.

    Kalau dulu kita melihat dunia Islam sebagai satu kuasa yang pernah mendominasi kuasa pemerintahan sejagat baik secara fisikal mahupun penguasaan pemikiran dan ilmu pengetahuan menjadi Islam agama terunggul. Tetapi setelah keruntuhan kerajaan islam terakhir di Baghdad dulu , mejadikan kuasa barat mengambil alih kuasa dominasi tersebut setelah segala imu dikaut untuk keuntungan mereka sehingga dunia menjadi medan yang jaraknya sangat dekat tanpa sempadan.

    Apa yang berlaku hasil pemguasaan barat ke atas bidang ilmu pengetahuan ini? Dimana- mana kehidupan dimuka bumi ini; kebendaan diagung dan diarak ke puncak tinggi sedangkan spritual atau kerohanian begitu diremeh dan diinjak-injak seperti sesuatu yang asing dan tidak mempunyai nilai kehormatan bagi sesiapa yang mengambilnya sebagai jalan kehidupan menuju Tuhan Yang Maha Esa.. Idealisme-idealisme barat yang jauh dari kebenaran semakin banyak dicipta untuk memenuhi nafsu dan pemikiran materi manusia.

    kebangkitan umat islam sejak mutakhir ini di seluruh dunia adalah hasil dari rasa lelah yang berkurun kerana menjadi rakyat penjajah yang selalu ditindas secara fisikal dan material sehingga menimbulkan kebimbangan para sarjana barat yang menggambarkan keruntuhan tamadun barat akan datang seperti kehadiran dari hukuman Tuhan sebagai balasan kekejaman dan kerosakan yang dilakukan.

    Keadaan ini juga memperlihatkan kerisauan mereka terhadap kebangkitan semula Tamadun Islam sebagai usaha menyelamat manusia dari kesesatan. Tamadun Islam dianggap sebagai risalah bersifat rabbaniyyah, insaniyyah dan akhlaqiyyah.

    Tamadun islam mampu menjadi alternatif bagi kebangkitan semula manusia menuju proses kegemilangan dunia islam yang pernah di bawa oleh Rasulullah saw dalam Era Kebangkitan Islam di Madinah dan Zaman Keemasan Islam di Era Pemerintahan Iraq dan Damascus (Syria) yang dikenali sebagai Zaman Keemasan Tamadun Umat Islam.

    Harap perkongsian ilmu ini memberi makna buat kita menilik diri sebagai umat yang layak memakmurkan dunia ini dengan jalan selamat.

    Salam mesra dari saya di Bangi, Malaysia.

    • Pemaparan Anda sangat menarik, mendalam dan tajam. Saya suka dengan ide-de Ukhty di atas…

      Saya hanya bisa mendo’akan, semoga realita umat Islam sekarang ini semakin mempercepat datangnya kebangkitan umat Islam se dunia…
      Allahu akbar!!!

  2. Assalaamu’alaikum

    SAHABAT
    Walau…
    Langkah tak bertemu
    Tangan tak berjabat (perempuan sahaja ya)
    Ucapan tak terdengar
    Izinkan hati ini memohon maaf
    Atas segala…..
    Sikap dan lisan yang tak terjaga
    Janji yang tak terkota
    Hati yang kerap berprasangka (insya Allah tiada)
    Sepanjang setahun perkenalan kita
    Selama persahabatan kita terjalin di dunia maya
    Terima kasih atas kasih sayang dalam ukhuwwah yang dicerna
    Semoga kita selalu di dalam perlindungan-Nya

    SELAMAT MENYAMBUT MA’AL HIJRAH 1431
    Salam Awal Muharam dan salam manis dari saya di Bangi, Selangor, MALAYSIA.

    SITI FATIMAH AHMAD

    • Terima kasih. Kami sekeluarga juga mengucapkan selamat tahun baru hijriah 1431 H… Semoga hari-hari ke depan adalah hari yang dapat kita isi dengan penuh kebaikan… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s