Pendidikan di Negara Islam (Khilafah)

Abu Yasin dalam kitab Strategi Pendidikan Negara Khilafah, telah membahas secara rinci perihal landasan pendidikan formal di dalam suatu negara Khilafah. Beliau memaparkan dengan begitu gamblang bagaimana seharusnya sistem dan strategi pendidikan itu disusun. Dan tentu saja, negara menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas pelaksanaan pendidikan ini.

Sistem pendidikan Negara Khilafah disusun dari sekumpulan hukum-hukum syara’ dan berbagai peraturan administrasi yang berkaitan dengan pendidikan formal. Hukum-hukum syara’ yang berkaitan dengan pendidikan formal terpancar dari akidah Islam dan mempunyai dalil-dalil syar’i, seperti mengenai materi pengajaran dan pemisahan antara murid laki-laki dan perempuan. Sedangkan berbagai peraturan administrasi di bidang pendidikan merupakan sarana dan cara yang diperbolehkan (hukumnya mubah) yang dipandang efektif oleh pemerintah dalam menjalankan sistem pendidikan dan merealisasikan tujuan pendidikan (hal. 5-6).

Adapun tujuan asas pendidikan dalam Negara Khilafah yaitu membangun kepribadian Islami, dengan cara menjalankan perangkat pembinaan, pengaturan, dan pengawasan di seluruh aspek pendidikan melalui penyusunan kurikulum, pemilihan guru-guru yang kompeten, dan pemantauan prestasi anak didik serta upaya peningkatannya.

Selain itu, penggunaan teknik pengajaran yang tepat adalah dimaksudkan untuk mengintensifkan metode rasional (aqliyah) pada siswa, karena metode tersebut merupakan landasan bagi proses berpikir yang cemerlang dan kebangkitan yang berasaskan Islam. Metode aqliyah tersebut memecahkan ’simpul besar’ pada diri manusia sehingga akan terbentuk pada diri manusia pemikiran yang menyeluruh dan benar tentang alam semesta, manusia dan kehidupan, baik dengan apa yang ada dengan sebelum maupun sesudah kehidupan, serta kaitannya antara sebelum dan sesudah kehidupan. Dengan demikian siswa akan mendapatkan pemahaman akidah Islam yang kokoh yang merupakan asas bagi negara, umat, dan sistem (perundang-undangan) dalam Islam (hal. 21-22).

Untuk menyokong tujuan di atas Abu Yasin menekankan bahwa kurikulum pendidikan negara Khilafah wajib berlandaskan akidah Islam. Seluruh materi pelajaran dan metode pengajaran dalam pendidikan disusun sedemikian rupa supaya pelaksanaannya tidak menyimpang dari landasan tersebut dan juga agar pembentukan kepribadian Islami (syakhsiyah Islamiyah) dapat tercapai. Tentunya upaya tersebut juga diiringi dengan pembekalan bagi seluruh warga negara dengan ilmu dan pengetahuan yang berhubungan dengan masalah kehidupan dalam merelasasikan tujuan tersebut.

Kitab ini sangat layak untuk Anda baca. Selain memberikan gambaran bagaimana sistem pendidikan formal Negara Khilafah, kitab ini juga memaparkan hal-hal teknis mengenai materi, kurikulum, jenjang belajar dan parameter keberhasilan pendidikan di dalam jenjang pendidikan yang ada.

Pesan saya, mari kita pelajari sistem Islam ini apalagi barangkali besok Negara Khilafah sudah berdiri kembali!

Keterangan Buku :

Judul Asli : Usus at-Ta’lim fi Daulah al-Khilafah, Pengarang : Abu Yasin, Penerbit : Dar al-Ummah

Edisi Bahasa Indonesia :

Judul : Strategi Pendidikan Negara Khilafah, Penerjemah : Ahmad Fahrurozi, Penyunting : A. Saifullah, Penerbit : Pustaka Thariqul Izzah. Jumlah Halaman : 92. Harga : Rp. 8.500,- (Harga ini saya beli di Yogyakarta tahun 2003)

Iklan

3 comments on “Pendidikan di Negara Islam (Khilafah)

  1. Aww. gmn kabarnya, akh?

    oya, klo ga salah antum pernah nulis di blog alkifah ttg sistem pendidikan islam ya?

    klo msh ada filenya tlg diemailkan

    jazakallah

    selamat berjuang di aceh ^_^

    Alkifah : Selamat berjuang juga Akhiy…

  2. Saya sudah punya bukunya. Saya agak kecewa, soalnya cuma mebahas perencanaan dan melupakan rujukan dari Quran dan Sunnah.

    Alkifah : Paling tidak buku ini bisa memberikan gambaran kepada kita bagaimana penyelenggaraan teknis jenjang pendidikan Islam yang ada dijalankan. Sebenarnya prinsip-prinsip dasarnya pun tetap merujuk pada ideologi Islam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s