Tips Mengelola Keuangan

Anda mungkin termasuk orang yang berpenghasilan ‘rendah’ seperti saya. Tanpa disadari sering kali kita dihadapkan pada kondisi pengeluaran bulanan jauh lebih besar dibanding pendapatan dalam satu bulan. Walaupun besar kecilnya nominal penghasilan itu relatif, bisa dipastikan, kejadian seperti di atas acap kali menimpa kehidupan rumah tangga seseorang. Oleh sebab itu mengelola keuangan dengan bijaksana adalah pilihan.

Beberapa hari lalu saya menyaksikan acara “Oprah” di MetroTv. Tema yang diangkat adalah tentang krisis keuangan yang tengah terjadi di Amerika Serikat (AS). Badai krisis yang sedemikian dahsyat ternyata membuat banyak warga AS kehilangan pekerjaan. Akibatnya banyak warga AS tak lagi mampu membayar tagihan kredit sementara bunga hutangnya terus membengkak. Pesan ringkasnya adalah bagaimana agar setiap individu dapat mengelola keuangan dengan baik dengan meninggalkan gaya hidup hedonis yang selama ini telah mengakar di AS. Selain itu membiasakan hidup hemat adalah pilihan utama.

Berikut langkah-langkah sederhana dalam mengelola keuangan :

  • Jangan meminjam uang di atas kemampuan kita. Artinya sesuaikan penghasilan dengan pengeluaran bulanan agar pengeluaran rutin (seperti kebutuhan rumah tangga, kesehatan, pendidikan anak, rekreasi, dll.) tidak terkorbankan oleh karena menutupi hutang.
  • Jangan terima bujukan orang yang menawarkan pinjaman kepada Anda. Sesungguhnya orang yang menawarkan pinjaman akan mendapatkan keuntungan bila Anda menerima pinjaman tersebut. Apalagi pinjaman berbunga (riba) yang jelas sekali diharamkan oleh Allah Swt.
  • Sisakan atau tabunglah 20% dari penghasilan Anda sebagai investasi. Yakinlah, investasi ini akan sangat bermanfaat buat Anda dikemudian hari.
  • Bila Anda mendapatkan bonus dari perusahaan Anda, atau TC dan gaji 13 bagi guru dan PNS, atau penghasilan lebih lainnya, biasakan ditabung. Jangan gunakan untuk hal-hal yang tak terlalu berguna.
  • Berpikir sebelum membeli sesuatu.
  • Berdo’a kepada Allah Swt. agar diberi kemudahan rizky.
  • Demikian tipsnya… tiada maksud menggurui… dan sebenarnya tulisan ini menjadi nasehat buat saya sendiri. Ya Allah… mudahkanlah rizky bagi kami yang halal lagi baik… Amin.

    Iklan

    5 comments on “Tips Mengelola Keuangan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s