Parpol Kontestan Pemilu 2009 Tidak Ideal

Menurut berbagai lembaga riset/survey diprediksikan bahwa tak satu pun partai politik peserta pemilu 2009 akan memperoleh suara di atas 30%. Prediksi itu semakin kuat mengingat banyaknya kontestan. Sehingga distribusi suara pemilih dipastikan tidak akan terkonsentrasi pada satu partai politik (parpol) tertentu.

Hasil penelitian berbagai lembaga ini menunjukkan kepada kita bahwa saat ini tidak ada satu partai politik pun yang dapat mengantongi predikat ideal. Betapa tidak. Survey itu membuktikan bahwa tak satu pun parpol yang eksis dalam system demokrasi di negeri ini berhasil memikat rakyat secara signifikan. Tentu saja ideal yang saya maksud bukan sekedar ditinjau dari segi “visi-misi” partainya melainkan juga termasuk pada aspek “landasan” berdirinya.

Di samping pilihan parpol yang tersedia tidak ideal, diragukannya sistem demokrasi dalam mewujudkan perubahan semakin kuat dengan kenyataan bahwa mayoritas pemilih, menurut berbagai lembaga survey, tidak menjatuhkan pilihannya berdasarkan program-program partai. Lebih banyak dilatarbelakangi oleh unsur-unsur kekerabatan karena ada saudara atau keluarganya yang menjadi caleg. Maraknya politik uang yang mewarnai ajang lima tahunan ini (pemilu) pun semakin mempersempit sebuah harapan akan hadirnya perubahan itu.  

Saya tidak mempermasalahkan pemilu sebagai sebuah uslub (metode) dalam menjaring calon-calon penguasa. Perkara yang patut kita pecahkan adalah masih pantaskah kita menggantungkan harapan kepada sistem demokrasi ini? Sementara cita-cita dan idealisme juga urung kita dapatkan dari partai politik yang ada. Sekalipun ada partai yang mendekati ideal, tampaknya juga tidak berarti apa-apa bila kemudian ternyata sistem demokrasi tetap dijadikan landasan perjuangannya.

Oleh karena itu, selagi Indonesia berdiam diri dalam bingkai demokrasi, jangan pernah berharap perubahan akan hadir melalui pemilu nanti. Sebab perubahan dan kebangkitan hakiki hanya dapat lahir dan mewujud dari sistem yang benar (shohih) lagi cemerlang. Itulah Islam.

Iklan

One comment on “Parpol Kontestan Pemilu 2009 Tidak Ideal

  1. Saya setuju. Tak ada parpol ideal kontestan pemilu 2009 ini. PPP, PKS, PBB, PMB, dan partai Islam lainnya, hanya membawa simbol Islam. Tetapi keropos dalam aspek pikiran dan metode perjuangan.

    Alkifah : Pragmatis kalee ya…. 😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s